Selasa, 09 April 2019

Pendaftaran PKBM Binangkit

Syarat Pendaftaran PKBM Binangkit Tahun Ajaran 2019/2020, apa saja?





Apa saja syaratnya:
untuk persyaratan awal cukup melampirkan
1. Fotocopy Ijazah Terakhir
2. Fotocopy Kartu Keluarga
3. Mengisi Formulir 
Kelengkapan lainnya seperti: pembayaran pendaftaran, pas photo, fotocopy raport/surat pindah (jika ada), surat keterangan tidak mampu (bagi WB tidak mampu), dapat dilengkapi menyusul belakangan.
Kapan pendaftaran dimulai?
Pembukaan penerimaan untuk tahun ajaran 2019/2020 sudah dibuka mulai awal tahun.
Periode I mulai 1 Januari sampai 28 Februari 2019
Periode II mulai 1 Maret sampai 31 Mei 2019
Periode III mulai 01 Juni sampai 31 Juli 2019
Penerimaan ini untuk tahun ajaran baru, bukan tahun ajaran sebelumnya.
Berapa pembayaran pendaftaran?
Biaya yang dibayarkan diawal pendaftaran tergantung kelompok belajar yang diambil
Kelompok Reguler : Gratis
Kelompok Mandiri : Rp. 150.000,-
Kelompok WB Tidak mampu : Gratis
Kelompok Kerjasama Desa : Gratis
Total  Biaya bisa langsung ditanyakan ke admin PKBM Binangkit
Saya mau mendaftar, apa yang harus saya lakukan perhatikan dan lakukan untuk pendaftaran?
  1. Tentukan Mau mengambil Paket Apa? Paket A, B atau C (sesuaikan dengan ijazah terakhir anda)
  2. Tentukan Kelompok Belajar yang diambil! Kelompok Reguler, Mandiri atau WB Tidak Mampu
  3. Lengkapi persyaratan awal
Apa perbedaan kelompok belajar?
Pembagian kelompok belajar bertujuan untuk memfasilitasi warga belajar tidak mampu, warga belajar aktif belajar dan warga belajar yang jauh/sibuk.
  1. Kelompok Reguler ialah pengelompokan warga belajar yang aktif belajar 3x seminggu.
  2. Kelompok Mandiri ialah pengelompokan warga belajar yang jadwal belajarnya menyesuaikan/fleksibel, lebih kepada pembelajaran mandiri melalui modul dan aplikasi online. Diutamakan bagi warga belajar yang jarak nya jauh (seluruh Indonesia) atau warga belajar yang sibuk bekerja.
  3. Kelompok Warga Belajar Tidak Mampu ialah pengelompokan warga belajar yang aktif belajar 3x seminggu namun tidak mampu secara biaya maka mendapat subsidi dan tidak harus membayar seperti kelompok reguler. Kelompok ini diwajibkan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari RT/RW atau dari Desa/Kelurahan.
  4. Kelompok Kerjasama Desa ialah pengelompokan warga belajar yang aktif belajar sesuai kesepakatan antara PKBM Binangkit, pemerintah desa dan msyarakat desa. Pembelajaran dilakukan langsung di desa melalui kerjasama desa. Kelompok ini bisa dilaksanakan minimal ada 1 rombongan belajar sebanyak 20 orang. Pemerintah desa menjalin kerjasama dan memfasilitasi warga belajarnya untuk memperoleh pembelajaran dan mengikuti ujian nasional sesuai dengan ketentuan pusat.

Misal: 
  1. Mengambil Paket C kelompok mandiri, maka warga belajar dapat mengatur waktu belajarnya sendiri, tidak wajib hadir 3x seminggu, namun warga belajar tetap melakukan pembelajaran melalui modul dan aplikasi online yang disediakan, sehingga warga belajar dapat belajar dimana saja dan kapanpun sesuai kesibukan/jarak/keinginannya sendiri. Kelebihan kelompok ini dapat mengatur waktu belajarnya secara mandiri dan tidak wajib hadir 3x seminggu.
  2. Mengambil Paket C kelompok reguler, maka warga belajar wajib mengikuti pembelajaran aktif 3x seminggu dan membayar biaya pendidikan sesuai dengan rincian yang telah ditentukan. Diutamakan bagi masyarakat didalam kota sampit atau dekat dengan PKBM. Kelebihan kelompok ini banyak mendapat materi pembelajaran langsung, pengembangan diri, dan motivasi kewirausahaan.
  3. Mengambil Paket C kelompok Warga belajar tidak mampu, maka warga belajar wajib mengikuti pembelajaran 3x seminggu, namun pembayaran tidak seperti kelompok reguler, semua disubsidi oleh pemerintah pusat dan PKBM, sehingga tidak terkendala masalah biaya.

Apakah pembayaran Biaya Pendidikan bisa dicicil?
Iya, biaya pendidikan bisa dicicil sebanyak 12x sampai selesai pembelajaran. Pembayaran yang dilakukan diawal hanya biaya pendaftaran sesuai jumlah yang telah ditentukan. Biaya pendidikan terperinci dan terbuka, tanpa ada pungutan apapun diluar itu sehingga aman dan bebas pungli.

Apa Bisa tidak ikut belajar tapi langsung ikut ujian nasional?
BISA, tidak ikut pembelajaran tatap muka, namun tetap belajar secara mandiri dengan menggunakan sistem pembelajaran online modul dan aplikasi pembelajaran online dari PKBM Binangkit, belajar bisa dimana saja, kapan aja dan materi sesuai standar pendidikan nasional. Warga belajar/siswa tetap wajib mengikuti ujian nasional ke Sampit, namun tidak masuk belajar tatap muka seperti jadwal reguler. Warga belajar seperti ini dikelompokkan dalam kelompok mandiri. Prioritas warga belajar yang sibuk bekerja dan jarak/daerah jauh dari Sampit. Sedangkan yang dalam kota sampit, lebih disarankan masuk kelompok reguler.

Saya bekerja shift-shift an, apakah bisa saya mengambil kelas reguler namun kehadiran saya menyesuaikan dengan waktu kerja saya?
Kelompok reguler wajib mengikuti pembelajaran 3x seminggu, malam hari, dari pukul 18.30 - 21.30 WIB. Namun selama pembelajaran, jika berhalangan hadir karena sakit atau pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan, maka masih bisa meminta ijin kepada kordinator kelas. Namun jika tidak sibuk kerja atau sehat, maka diwajibkan turun aktif belajar secara reguler.
Apa fasilitas yang saya dapat selama mengikuti pembelajaran di PKBM Binangkit?
PKBM Binangkit memberikan pelayanan maksimal, optimal dan berkualitas selama proses pembelajaran dan mengikuti ujian nasional. PKBM Binangkit memfasilitasi warga belajar dengan Kaos PKBM, Jas almamater, Aplikasi Ujian online, Aplikasi pembelajaran online, Ruang belajar refresentatif, Tutor belajar yang berpengalaman dan berprestasi.

Apakah PKBM Binangkit dari Dinas Pendidikan?
PKBM Binangkit ialah lembaga pendidikan non formal yang terdaftar dan dibawah naungan langsung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur. Penyelenggara resmi dan Terakreditasi B yang memiliki ijin operasional dari dinas pendidikan kabupaten kotawaringin timur.

Ijazah terakhir saya SD, Paket apa yang saya ambil dan berapa lama?
Penentuan Kelas/Tingkatan Belajar tergantung ijazah terakhir dan tahun kelulusannya. Jika Ijazah Terakhir SD, maka terlebih dahulu masuk Paket B setara SMP/MTs. Jika tahun lulusnya sudah lama atau lama sekali, maka masuk Paket B kelas akhir, kelas 9/Terampil 2, Paling cepat 1 tahun belajar kemudian mengikuti ujian nasional Paket B.
Setelah lulus Paket B, maka bisa lanjut Paket C mulai kelas awal, kelas 10/Mahir 1, selama 3 tahun mengikuti proses pembelajaran, setelah itu baru bisa mengikuti ujian nasional Paket C. Jadi Paling cepat 4 tahun masa belajar n ujian Paket B dan C kedua-duanya ditempuh.

Apakah bisa setelah lulus Paket B, tahun berikutnya langsung ikut ujian paket C?
Tidak Bisa, Aturan pemerintah pusat sudah menetapkan seperti itu, sesuai standar pendidikan. Semua memang difasilitasi namun ada aturannya. Karena penentuan kelas/tingkatan sekali lagi dari 2 hal: Ijazah terakhir dan Tahun Kelulusan nya. Jadi setelah lulus Paket B maka tahun kelulusannya baru saja, dan harus memulai pembelajaran dari kelas awal di Paket C.

Ijazah terakhir saya SMP, tahun sudah lama/lama sekali, berapa lama saya belajar?
Jika ijazah terakhir SMP, maka masuk Paket C. Jika tahun kelulusannya sudah lama/lama sekali atau minimal 3 tahun ajaran sebelumnya. Maka akan bisa langsung dimasukan ke kelas akhir, kelas 12/Mahir 2. Mengikuti pembelajaran selama 1 tahun kedepan, lalu kemudian wajib mengikuti ujian nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.
Kenapa harus PKBM Binangkit?
ingat 5 kePASTIan
  1. Pasti Lembaganya, PKBM Binangkit terdaftar dan berizin dari pemerintah pusat, dan dibawah naungan Dinas Pendidikan Kota Banjar. 
  2. Pasti Belajarnya, PKBM Binangkit menyelenggarakan pembelajaran dan ujian nasional sesuai standar pemerintah pusat, sehingga terjamin lulusannya benar-benar menerima pembelajaran dan belajar sesuai aturan.
  3. Pasti Kualitasnya, PKBM Binangkit ialah PKBM Berprestasi, mulai dari Pengelola PKBM yang Juara 1 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018, Tutor Paket C juara 3 kabupaten Kotawaringin Timur, dan warga belajar yang juara 1 dan 4 lomba cerdas cermat Edu Expo tahun 2018. Hal ini membuktikan adanya kualitas yang tak diragukan lagi sehingga harus memilih PKBM Binangkitsebagai lembaga penyelenggara pendidikan non formal, pendidikan kesetaraan di Kabupaten Kotawaringin Timur.
  4. Pasti Ijazahnya, warga belajar PKBM Binangkit memperloleh Ijazah dan SKHUN Resmi dan Langsung dari pemerintah pusat, serta raport belajar yang lengkap. Data warga belajar terdaftar secara online di pusat. Sehingga terjamin keaslian dan legalitasnya.
  5. Pasti Akreditasinya, PKBM Binangkit merupakan satu-satunya PKBM di Kabupaten Kotawaringin Timur yang memperoleh Akreditasi B dari BAN PAUD PNF. Sehingga jelas lulusanya, kualitasnya dan ijazahnya. Diakui oleh pemerintah pusat dan daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar