Dikutip dari layanan Whatshapp PLN123 bahwa dalam rangka mendukung pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), untuk sementara frekuensi pencatatan angka pada KWh meter yang dilakukan oleh petugas ke lokasi pelanggan pascabayar dibatasi. Pelanggan dapat memanfaatkan layanan Baca Meter Mandiri yang disediakan oleh PLN agar perhitungan tagihan pemakaian listrik pelanggan setiap bulan tercatat secara akurat.
Pelanggan melakukan Baca Meter Mandiri pada tanggal yang telah ditentukan PLN dan paling lambat H + 1 sejak tanggal yang telah ditentukan tersebut. Apabila pelanggan tidak melakukan Baca Meter Mandiri pada periode tanggal tersebut, maka PLN akan melakukan perhitungan tagihan pemakaian listrik pelanggan untuk bulan berjalan berdasarkan rata-rata pemakaian listrik selama 3 (tiga) bulan terakhir.
PLN akan melakukan pemeriksaan fisik KWH meter setiap 3 (tiga) bulan sekali di lokasi pelanggan untuk pencocokan data Baca Meter Mandiri dengan angka faktual KWH meter. Apabila dalam pelaksanaan pemeriksaan fisik ditemukan perbedaan antara data Baca Meter Mandiri dengan angka faktual KWH meter, maka PLN berhak melakukan penyesuaian tagihan listrik pelanggan sesuai angka faktual KWH meter.
A. Website WWW.PLN.CO.ID
- Akses website www.pln.co.id melalui mesin pencarian Google LOGIN https://stimulus.pln.co.id/.
- Kemudian login atau masuk ke menu pelanggan
- Lalu lanjutkan ke pilihan 'stimulus Covid-19
- Setelah itu, masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
- Kemudian token gratis secara otomatis akan tampil di layar
- Selanjutnya pelanggan hanya perlu memasukkan token gratis yang sudah didapatkan tersebut ke meteran, sesuai dengan ID Pelanggan masing-masing
- Kemudian cari maka akan muncul notifikasi otomatis token gratis dari PLN atau sebaliknya warning karena ID Pelanggan bukan termasuk dalam data non subsidi sesuai data terpadu.
B. Layanan Whatsapp PLN 123
[27/4 00.31] PLN: Halo Electrizen
[27/4 00.31] PLN: Ketik *1* untuk Info Listrik Gratis/ Diskon Stimulus Covid19
27/4 00.31] PLN: Ketik *2* untuk Baca Meter Mandiri pemakaian listrik (pascabayar)
27/4 00.31] PLN: Hotline PLN (kode area) 123
Selanjutnya silakan ketik 1 atau 2 maka Layanan PLN123 akan menjawab sesuai dengan ketentuan layanan :
Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)
kemudian ikuti petunjuk sesuai informasi yang dikirimkan oleh layanan PLN123
Selamat mencoba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar