Senin, 10 Agustus 2020

Belajar Ditengah Pandemi Covid-19

Kegiatan belajar mengajar ditengah pandemi covid-19 dikeluhkan oleh banyak orang, hal ini disebabkan oleh keterbatasan sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran. Aktivitas berkumpul dalam jumlah banyak dibatasi guna mempercepat penghentian penularan virus corona.

Dalam upaya pencegahan penularan virus corona, akrivitas dan metode pembelajaran dilingkungan satuan pendidikan dapatdilakukan dengan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang tepat sasaran dan terjangkau oleh peserta didik, baik yang terkendala sarana ataupun yang lainnya.

Berdasarkan hasil bimbingan teknis kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang telah dilaksanakaan pada minggu yang oleh BP PAUD DIKMAS PROVINSI NTB, salah seorang narasumber dari Kemdikbud memaparkan bahwa kegiatan pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dengan metode daring, luring dan kombinasi keduanya.

Kegiatan BDR Masa Pandemi Covid-19
Kegitan Belajar Dari Rumah (BDR/PJJ)
Masa Darurat Pendemi Covid-19


Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut diatas bapak ibu guru diharpkan agar melalukan pemetaan terlebih dahulu terhadap siswa, mana yang lebih dominan, apakah daring, luring atau perlu kombinasi dalam penentuan strategi kegiatan pembelajaran.

Kegiatan daring dapat melalui aplikasi yang mudah dipahami dan siswa dapat mengkases aplikasi tersebut untuk mengikuti pembelajaran dari rumah baik itu melalui zoom meeting, goole formulir, wa, video pembelajaran, live streming tv kabel, livestreming yaoutube atau media daring lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengikuti proses pembelajran dari rumah. 

Kegiatan pembelajaran luring melalui pembentukan pangkalan pangkalan belajar, pemberian tugas mandiri, LKS atau kegiatan lain yang mendukung kegiatan pembelajaran di pangkalan belajar dengan tatap mengacu pada standar protokol kesehatan. Guna menghindari resiko penularan virus berbahaya tersebut.

Kemudian kombinasi keduanya, para guru dapat menerapkan pola pembelajaran kombinasi daring dan luring agar siswa dapat memperoleh pendidikan walau dalam situasi darurat, sehingga aktivitas belajar mengajar tidak terhenti dan siswa dapat belajar dengan baik dalam kondisi seperti sekarang ini.

Dalam upaya mewujudkan pendidikan yang lebih baik maka sangat perlu masukan dari berbagai pihak agar penyelenggaraan pendidikan bagi masyarakat terus berjalan dengan baik walau dalam situasi darurat. PENDIDKAN DAN KESEHATAN KUNCI UTAMA KEMAJUAN SUATU BANGSA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar