Sabtu, 21 November 2020

Verval NIK, Pastikan Data GTK Valid

Dapodik telah mengalami beberapa perubahan dari tahun ke tahun guna mewujudkan suatu data yang dapat dijadikan sebagai data rujukan pemerintah dalam hal ini Kemdikbud untuk merapkan kebijakan pendidikan baik menyangkut masalah sarana dan prasarana, penyaluran BOS atau BOP, sertifikasi guru, kebijakan pemberian bantuan subsidi upah, pulsa belajar, program penyaluran PIP bagi siswa dan bahkan kebijakan seleksi PPPK yang basis data Dapodik.

Salah satu identitas yang perlu untuk di cek validitas datanya adalah Nomor Induk Kependudukan. Dimana terkadang banyak yang tidak terjaring program akibat data masih bermasalah, entah itu disebabkan NIK, JJM Tidak terpenuhi dan atau bahkan data data lain yang sifatnya ugen, oleh karena itu GTK diharapkan untuk terus dapat berperan aktif melakukan pengecekan secara mandiri guna memastikan data sudah valid 100%.

Baca Juga Cara Verval Ijazah S1/D4

Terkait Verval NIK untuk memastikan bahwa identitas yang anda apakah masuk kategori valid dan tidak valid caranya gampang, silahkan anda datang ke operator masing2 untuk melakukan pengecekan NIK melaui VervalPTK untuk melihat apakah NIK anda sudah valid atau dalam status Warning Merah.

Verval NIK GTK Dapodik

Jika status NIK anda 'silang merah' maka silahkan segera melakukan proses validasi data NIK dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga anda kepada operator sekolah masing-masing. Jika NIK sudah sesuai namun status tidak valid pada data Dukcapil (silang merah) maka silahkan lakukan perbaikan dengan melakukan pengecekan dengan seksama mulai dari NIK, nama orang tua yang dientry di Dapodik dengan data manual yang anda miliki. Jika terdapat perbedaan silakan login Verval atau Verval NIK

Perlu diketahui bahwa verval NIK dapat dilakukan melalui Menu VervalPTK. Adapun daftar menu pilihan antara lain
  1. Daftar PTK
  2. Verval PTK
  3. Pengajuan NUPTK
  4. Pengajuan Tukar NUPTK
  5. Status Pengajuan NUPTK
  6. Status Pengajuan Klaim
  7. Status Pengajuan Tukar
  8. Upload Ulang Berkas
  9. Perbaikan Identitas (Data Dukcapil)
  10. Status Perbaikan Identitas
  11. Perbaikan Foto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar