Minggu, 17 Mei 2020

Cara VervalSP Untuk Data Referensi

Pentingnya VervalSP atau verifikasi dan validasi data satuan pendidikan merupakan komponen utama dalam memvalidasi keberadaan lembaga atau satuan pendidikan secara digital melalui aplikasi yang mendukung penegelolaan data pokok pendidikan (Dapodik) sebagai bagian dari peroses pengadministrasian online  terkait dengan kelengkapan data pendidikan sehingga pusat dapat memperoleh data riil secara langsung dari satuan pendikdikan mulai dari administrasi proseses perijinan, foto sekolah/lembaga, gambar aktivitas peserta didik dan PTK dan data satuan pendidikan lainnya.

VervalSP dilaksanakan oleh semua jenjang Pendidikan mulai dari tingkat TK/PAUD, SD, SMP, SMA/Sederjat dan seterusnya. Hal ini dilakukan guna mempemudah akses pengelolaan data pokok satuan pendidikan khususnya data master sekolah seperti Nomor Pokok Statistik Sekolah (NPSN), izin operasional, status akreditasi,  nama sekolah alamat lengkap tempat sekolah itu berdiri seperti desa, kecamatan, kabupaten kota, provinsi yang di dukung dengan titik koordinat sekolah sebagai data referensi digital terkait data sarana prasarana, luas lahan dan data citra pendidikan lainnya.

Menu utama VervalSP
Gambar 1. Aplikasi VervalSP Satuan Pendidikan

Pada kesempatan ini penulis akan berbagi tips cara melakukan vevalSP agar data yang ditampilkan cepat di  Aproval oleh pusat VervalSP sehingga pemerintah nantinya dapat memberikan kebijakan strategis terkait dengan kondisi sekolah yang berhubungan dengan saran dan prasarana. Namun yang tidak kalah penting adalah update data pokok pendidikan pada apliksi Dapodikdasemen dan isi sesuai kondisi riil dan jangan lupa cek status kerusakan sekolah sehingga banyunya bisa dijadikan acuan Kemeikbud dalam penentuan skala prioritas bantuan sarana dan prasarana sekolah.

Lebih lanjut terkait masalah vervalSP silakan satuan pendidikan agar memperhatikan dengan seksama menu menu yang terdapat diweb vevalSP guna mempersiapkan dokumen dokumen yang harus diupalod oleh sekolah pada laman VervalSP sabagaimana gambar dibawah ini

VervalSP Sarana Prasarana
Gamnar 2. Data Umum VervalSP
Satuan Pendidikan

Pada menu utama vevalSP terdapat menu pengelolaan, spasial, citra produk dan Citra Prasarana. Sebelum lebih lanjut dibahas alangkah lebih baik kita mempersiapkan dokumen yang perlu untuk kita siapkan sebelum melakukan aktivitas VervalSp antara lain.
  1. Dokumen scan izin operasional format PDF minimal 1MB
  2. Dokumen Akreditasi
  3. Foto Plank Sekolah
  4. Foto Kegiatan GTK
  5. Foto Kegiatan Siswa
  6. Dokumen prestasi sekolah
  7. Dokumen sarana dan prasarana sekolah
  8. Foto Kerusakan bangunan sekolah
  9. Lomba Sekolah
  10. Program pembangunan dan lain sabagainya
Dokumen diatas nantinya akan ditampilkan dalam data referensi Kemdikbud sehingga semua orang dapat mengakses informasi yang bapak ibu masukkan diaplikasi pendataan VervalSP,d dengan demikian sangat penting untuk kita persiapkan dokumen legal dan foto kegiatan riil yang dilaksanakan disekolah. Untuk mihat data referensi atau data citra cek tombol NPSN ketika bapak ibu sudah login akun vervalSP sabagaimana gambar dibawah ini

Data citra sarana dan prasarana
Gambar 3. Menu Perbaikan Data Citra

Klik NPSN maka akan muncul data referensi yang berisi data umum antara lain
  1. Identitas satuan pendidikan / lembaga (meliputi nama sekolah, npsn, alamat dst)
  2. Dokumen dan perijinan (SK Pendirian, Izin Operasional, status akreditasi)
  3. Sarana dan prasarana ( Luas tanah, akses internet dan sumber Listrik)
  4. Kontak (Fax, email, website dan operator)
  5. Galeri Foto (berisi profil, aktivitas PD, aktivitas PTK, Plank Sekolah dan Tampilan Semua Jenis foot yang sudah diupload dan teraproval)
  6. Map (peta lokasi google maps)
  7. History data 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar